Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma



Buah kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Buah yang selalu trending selama bulan Ramadhan ini diketahui dapat meningkatkan sistem saraf dan meningkatkan kesehatan mata dan jantung. Selain itu juga mengandung serat, kalium dan kalsium

Buah yang berasal dari Timur Tengah yang beriklim tropis dan padang pasir ini memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah Safawi yang manis dan berdaging ini, Khudris yang tidak rata namun kenyal dan medjool yang berair dan biasa disebut dengan Ratu Kurma.

Buah Kurma biasanya dikonsumsi selama berbuka puasa karena kandungam karbohidrat yang terdapat di dalam buah kurma dapat mengembalikan stamina tubuh selama bulan puasa dan membantu memperbarui asupan karbohidrat serta meningkatkan keinginan mengonsumsi makanan yang mengandung gula. 

Berikut Manfaat Buah Kurma yang kaya asam amino, vitamin A,B dan C serta mengandung banyak mineral tersebut

1. Membantu merasa kenyang lebih lama

Kurma adalah buah-buahan yang mengandung kaya serat makanan larut, terutama pektin. Serat-serat itu menarik air yang masuk ke dalam tubuh, Meningkatkan fluiditas isi lambung, karena itu memperpanjang waktu yang dihabiskannya di lambung dan memberikan perasaan kenyang.

Dengan makan kurma, kamu akan memiliki kontrol lebih besar atas nafsu makan dan kenyang lebih lama "Kata Nutrition dietetic specialist of Acbadem Actaken Hospital.

2. Meningkatkan sistem Imunitas

Studi menunjukkan bahwa buah kurma memiliki efek merangsang pada sistem kekebalan tubuh. Efek kurma ini dikaitkan dengan kandungan beta glukannya yang merupakan polisakarida, Jenis yang karbohidrat yang lebih baik dan lebih kompleks yang disarankan para dokter untuk dikonsumsi.

Selain itu, Kurma juga mengandung jumlah tinggi senyawa fenolik dan Karotenoid serta vitamin yang semuanya dianggap berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh berkat efek antimikroba dan sifat antioksidannya.

3. Mengurangi Konsumsi gula

Setelah lama kelaparan karena puasa, tubuh kita mengarahkan kita ke sumber-sumber dengan karbohidrat tinggi yaitu makanan manis, sehingga gula darah kita dapat dengan cepat kembali ke tingkat normal.

"Namun untuk mencegah kenaikan berat badan dan menghindari penyimpangan yang berhubungan dengan gula darah, ada baiknya mengonsumsi kandungan gula alami buah-buahan (bukan pemanis/gula buatan), Dengan rasa yang khas dan rasa manis yang kaya, Kurma bisa menjadi pilihan yang baik untuk semua kebutuhan pencuci mulut" Ujar Cerit.

4. Mencegah Sembelit

Makanan seperti kurma dengan serat tinggi punya peran penting dalam diet sehat. Agar semuanya berjalan lancar, ahli diet merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 20 hingga 30 gram serat sehari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat meningkatkan volume tinja dan mempersingkat waktu transit usus, sehingga membantu mencegah sembelit yang menakutkan.

5. Berfungsi untuk Kesehatan Jantung 

Kurma dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik, mineral penting yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dna elektrolit dalam tubuh.  Kalium terlibat dalam memastikan  konduksi saraf, dan mengatur denyut nadi serta tekanan darah kita.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengungkap Cerita Misteri Lantai 13

Dua Pria saling bacok, keduanya tewas menggenaskan

Bocah berusia 9 tahun ditemukan hanyut di irigasi boyolali